Selamat datang di blog Depistons Seputar Skutic

semoga kami dapat memberikan informasi yang cukup berguna untuk para bikers di indonesia.

Pengetahuan Bahan Bakar

ADDITIVE BAHAN BAKAR
Pertamax dan Pertamax plus dianggap mahal. alasannya karena bukan bakar non subsidi dari pemerintah. Tapi setelah di konfirmasi langsung kepada pihak pertamina, sepertinya bukan cuma itu saja namun ada spek teknis yang lebih
Kalau melihat dari angka oktannya, sudah pasti pertamax dan pertamax plus tinggi. Namun dari kandungan lain juga lebih unggul. "seperti ada bahan tambah atau additife yang lebih", jelas wianda pusponegoro, Manager media corporate PT pertamina (persero).
menurut winda, aditif yang ditambahkan pada pertamax dan pertamax plus yaitu secara garis besar ada tiga. Apa aj si itu ?


- PERTAMA
Corrosion inhibitor. yaitu sebagai penlindung anti karat pada dinding tangki dan saluran bahan bakar, serta pada ruang pembakarannya. Makanya kalau menggunakan premium, dianjurkan agar jangan sering membiarkan tangki kosong. menyebabkan dinding tangki tidak tertutupi bahan bakar. ini yang membuat sering berkarat. menggunakan pertamax atau Pertamax plus diberi zat yang mampu menangkal korosi. dinding tangki dicegah beroksidasi dengan udara. sehingga tidak dimakan oleh karat.
-KEDUA
additif ditergensi. ada hubungan dengan detergen atau sabun.tapi yang dimaksud adalah detergensi yaitu sebagai pembersih ruang bakar mesin sehingga mesin menjadi lebih bersih dan awet, dan pembakaran lebih efisien. Detergensi ikut membasuh kotoran atau kerak dalam ruang bakar. Wah, seperti engine conditioner don. ini yang bikin pembakaran lebih bersih.
-KETIGA

additif demulsifier. Additif ini berfungsi untuk menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air, sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna. Adidit ini punya kemampuan menghindari bahan bakar mengikat oksigen. sebab, kalau bahan bakar bertemu dengan oksigen akan bereaksi dan hasilnya menjadi molekul air. Makanya di dalam tangki bahan bakar kerap terjadi endapan air.


Banyak yang menuduh SPBU sengaja mencampur bensin dengan air. padahal bensin mudah sekali mengikat oksigen yang akhirnya terbentuklah air. Begitu juga yang terjadi di tangki penyimpanan SPBU. Mudah sekali bensin mengikat oksigen, Unsur H (hidrogen) di bahan bakar bertemu dengan oksigen (O2) dari udara. Jadinya H2O alias air. Makanya di balap yang menggunakan bensol, banyak yang di campur dengan demulfisir.






Data Tersebut di ambil dari majalah MOTOR PLUS (29 desember 2010 - 04 January 2011)

No comments:

Post a Comment